Thursday, March 22, 2012

[SAR_065].Kapten Bujbunen Al Buse Kontra Jendral Troj - Prahara Berdarah Di Prapatan Jengkol















" Ketertimpangan adem ayem dogmatis perspektip inagurasi ditengah keterasingan laga-laga minor menari bebas diatas legitimasi minyak jelantah tukang gorengan sehingga beradab berbarengan simpang siur meletup keras diantara penjelajahan konsumtif para alien di planet antah berantah
menyelinap ketersingkapan rok batik nini-nini penjual surabi yang entah jlimet menimang kesenjangan nilai sosialita era informasi deras berguling mendera rasa simpatik chaos tetapi disertai batuk berdahak kapitalisme letoy dikikis tangan gurita kecil berhimpitan jelas akan ketiadaan esensi kehidupan... "
(Mufti “Amenk” Priyanka. Seniman grafis, Musisi)



Pengantar

Sebenarnya cerpenisasi musik ini adalah bentuk interpretasi pribadi saya dari karya audio menjadi karya barisan kata-kata. Sebagai perkembangan eksplorasi dari sebuah karya audio kolaborasi saya dengan Mantroj, musisi eksperimental elektronik dari Singapore. Mantroj adalah salah satu seniman jenius yang saya kagumi dari beberapa musisi-musisi eksperimental mancanegara keren lainnya. Khususnya yang berasal dari negara-negara tetangga macam Singapore dan Malaysia.
Jadi ceritanya, saat itu setelah menerima kiriman karya audio saya yang sudah ‘diacak-acak’ olehnya hasilnya seperti yang diduga, sangat mengagumkan! Saat mendengarnya imajinasi yang ada di kepala saya langsung liar berjalan. Sebuah visualisasi adegan pun tercipta. Saya langsung mengambil selembar kertas lusuh dan pensil mekanik untuk segera menuangkan gambar yang ada di kepala. Detil demi detil saya coba bangun dalam sebuah sketsa. Yang akhirnya berujung pada kesimpulan akhir, karya ini bisa diejawantahkan lagi ke bentuk yang lebih bertutur. Bertutur lugas tentunya dengan menggunakan alur cerita beserta penokohan karakter di dalamnya.
Sempat bingung saat ingin memilih wujud karya bertutur yang ingin dipakai. Antara komik dan cerita pendek. Akhirnya lagi-lagi karena kendala waktu dan teknis pengerjaan, saya memilih cerpen sebagai wujud bertutur yang digunakan. Dan adegan yang sudah saya tuangkan dalam sketsa akan duduk di kursi artwork sampul. Artwork yang berfungsi sebagai pemancing imajinasi awal sebelum masuk ke dalam cerpen dan tentu saja si karya induk, karya audio kolaborasi saya bersama Mantroj.
Selain sebagai bentuk eksplorasi karya yang jelas cerpenisasi musik ini juga saya buat sebagai bentuk tribute untuk skena noise music dan experimental music yang selama ini saya sukai.
Semoga asoi!
.adit

Our next stuff is coming from the two who can probably so called the frontier for the experimental scene in south east region, Adit Bujbunen Al Buse (Indonesia) and Man Troj (Singapore). Both of them poured their beautiful sounds into a 15 minute terror soundscape. The collaboration process itself were taking into different times and places. As the audio product has been made and then Adit took his intuitive to interprate the sound into the beads of word which forming into a Bahasa story tale. Well too sorry to say that we only provide the story only on Bahasa :( BUT at least you can still hear the audio. AND if you're still curious about the story tale please be nice to ask him for putting it out here LOL. 

Streaming Song :

Kapten Bujbunen Al Buse Kontra Jendral Man Troj - Prahara Berdarah Di Prapatan Jengkol



Download All Items Here

Adit Bujbunen Al Buse's Facebook

Man Troj's Facebook

No comments:

Post a Comment